Bergabung Menjalin Persaudaraan

Dunia Sekolah

Kamis, 19 Juli 2012

Soal Tes sesuai Kisi-kisi UKG

Anda sangat perlu soal yang sesuai kisi-kisi UKG? Sudahkan mencoba mencari melalui internet? Apakah internet sarana utama Anda untuk mencari infonya?

Ketika saya coba cari di internet melalui bantuan mbah Google pada 19 Juli 2012 pukul 09.30 WIB, saya ketik kata kunci "soal ukg 2012", mbah Google melaporkan ada "sekitar 832,000 hasil (dalam 0.16 detik)".
Dan, saya coba saya klik judul yang teratas, masyaallah . . . harus melewati 4 judul lagi baru ada petunjuk pada file yang siap diunduh. Tapi, . .. bukan soal yang disediakan melainkan "materi PLPG". Apakah ini penipuan?
Pengalaman saya ini, pasti juga dialami banyak sahabat. Lalu, bagaimana sikap kita yang bijak untuk menghadapi UKG?

Solusi
Kisi-kisi resmi untuk UKG sudah terbit. Untuk mempersiapkan diri mengikuti UKG, langkah utama adalah "memahami kisi-kisi". Berikut "uneg-uneg", bukan menggurui, barangkali bermanfaat untuk direnungkan dan bila perlu dijadikan pedoman.
  1. membaca kisi-kisi UKG
  2. menyiapkan (mencari) referensi sesuai kisi-kisi UKG
  3. belajar bersama dengan mencoba merumuskan soal sesuai kisi-kisi UKG
  4. berdiskusi memahami substansi kisi-kisi UKG
Semoga tulisan sederhana ini ada manfaatnya. Matur suwun, dan semoga kita sehat selalu!

1 komentar:

  1. betul banget pak..
    saya bantu orang tua untuk cari kisi kisi ukg, yang keluar materi plpg..

    BalasHapus

Penulis komentar harus mencantumkan nama dengan jelas!